PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK GRADING PADA PROGRAM STUDI D3 TATA BUSANA JURUSAN PKK FT UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Nurhijrah Nurhijrah, Syarifah Suryana

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reserch & Development) yang bertujuan (1) untuk mengetahui prosedur pengembangan modul mata kuliah Teknik Grading Program Studi D3 Tata Busana di Jurusan PKK FT-UNM. (2) untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran mata kuliah Teknik grading pada Program Studi D3 Tata Busana di Jurusan PKK-FT UNM. Subjek penelitian adalah 15 mahasiswa Program Studi D3 Tata Busana Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, dan objek penelitian adalah berupa modul Teknik grading. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Hasil penelitian berdasarkan tujuan penelitian (1) Prosedur pengembangan  mengacu  pada  model  pengembangan 4-D Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Dessiminate). (2) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Hasil validasi ahli materi mendapat persentasi 85,3%, hasil validasi ahli desain mendapat persentasi 81,3%, dan hasil respon mahasiswa mendapat persentasi 91,3%. Berdasarkan hasil validasi dan revisi yang telah dilakukan, ditetapkan bahwa modul mata kuliah Teknik Grading dikembangkan layak digunakan di Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

 


Full Text:

PDF

References


Alim, Sumarno. (2012). Perbedaan penelitian dan Pengembangan. Surabaya: E LearningUnesa.

Arsyad, Azhar. (2010). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2008). Teknik penyusunan modul. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menegah

Dina, A.(2015). Pengantar ilmu pendidikan. dari http://dinaantarai.blogspot.com/2015/peran- penting-pendidikan.

Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan tenaga kependidikan. 2008.

Oemar Hamalik. (2002). Media pendidikan. Bandung:Aditya Bakti.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v2i2.39492

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.