EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN RUMAH BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan rumah belajar pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil di kelas X SMK Negeri 1 Beringin. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data dari 35 responden dan 2 instruktur. Proses analisis data meliputi proses penyajian data, tabulasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan rumah belajar pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil tergolong sangat efektif. Hasil penelitian yang didapat ialah: (1) aspek sarana dan prasarana tergolong sangat efektif dengan skor 11,22%, (2) aspek pencapaian kurikulum tergolong sangat efektif dengan skor 13,97%, (3) aspek pelaksanaan pembelajaran tergolong sangat efektif dengan skor 17,45%, (4) aspek keterampilan menggunakan rumah belajar tergolong sangat efektif dengan skor 17,65%, (5) aspek pengguasaan materi tergolong sangat efektif dengan nilai 13,74%, (6) aspek hasil belajar tergolong sangat efektif dengan skor 13,91%. Hasil keseluruhan sebesar 87,97%, dan didukung oleh data dari guru yang melaksanakan pembelajaran menggunakan rumah belajar dengan skor 86,50% tergolong sangat efektif.
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Anna. (2020). Penerapan E-Learning Dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smpn 3 Tangerang Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Apriliani, Rizki. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Pencapaian Kompetensi Materi Pengelompokan Benang Tekstil Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Temanggung. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chasanah, Rahmawati (2018). Analisis Kesulitan Belajar Aspek Kognitif Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Tekstil Pada Siswa Kelas X Tata Busana Di Smk Sosial Islam 1 Prambanan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Chotimah, Chusnul. (2017). Pengetahuan Bahan Tekstil Sulaman Karawo. Gorontalo: Balai Pengembangan Pendidikan Gorontalo.
CNN. (2020). Skenario Belajar Dari Rumah.
Foresty, Meranti. (2018). Pengaruh Penggunaan Rumah Belajar Terhadap Hasil Belar Kognitif Peserta Didik Kelas X Mia Sma Santo Paulus Manokwari Pada Materi Rekasi Redoks. Chemistry Education Journal. 121-125.
Priowijanto, Gatot. (2017). Mengidentifikasi Serat Tekstil. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.
Hartono, Jogiyanto. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: ANDI.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020.
Kemendikbud. Pedoman Pemanfaatan Portal rumah belajar “Strategi Pembelajaran Berbasis Tik Memanfaatkan Rumah belajar”, Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Lathifah, Z. K., & Utami, I. I. S. (2021). Bimbingan Teknis Aplikasi Portal Rumah Belajar pada Praktik Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Warta LPM, 24(2), 367–379.
Lubis, Maulana. (2021). Efektivitas Platform Rumah Belajar sebagai Sumber Belajar Digital di Era Kenormalan Baru. Indonesian Journal Of Islamic Elementary Education, 1(2), 59-70.
Miwarid, Akbul. (2015). Efektivitas Penggunaan Model Unit Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Pekanbaru. Skripsi. Uin Suska Riau
Muhajirin. (2017). Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press
Nurdin Burhan. (2018). Kelebihan dan Kekurangan Fitur Rumah Belajar.
Putri, Amelia. (2018). Pengaruh Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dalam Kelas Xi Ips Di Sma Pgri 1 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi. Universitas Pasundan, Bandung
Rahmawati. (2019). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Berbasis Easy Adjusment Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Kelas X Smk Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Rizky, Septika, Mawarni. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pengetahuan Bahan Tekstil Kelas X Busana Butik Di Smk Negeri 3 Klaten. Skirpsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Rohmawati. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1): 15-32
Sadikin, Ali. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(02). 214-224
Sely, Nanda. (2021). Efektivitas Rumah Belajar Bagi Siswa SMK. E-Journal, 10(1): 113-119
Sri, Ai, Nurhayati. (2018). Pedoman Pemanfaatan Rumah Belajar. Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Dan Kebudayaan Kemendterian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukmawati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tekstil Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas X Tata Busana Di Smkn 3 Kota Tangerang. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta
Tiwi, E. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran. Skripsi. Uin Raden Fatah, Palembang
Warsita, Bambang. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 23(1):65-78
Wiyati, Ratna. (2015). Pengukuran Tingkat dan Efisiensi System Eresearch STIKOM Bali. Jurnal Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 562-568
Yanuarti, R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Meningkatkan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Daerah Tertinggal Utilization of ‘Rumah Belajarâ€TM to Enhance Left Area Teachersâ€TM Competency on Information and Communication Technology. Jurnal Teknodik, 123–136.
Yolandasari, Mega. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Ii A Mi Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. IAIN Salatiga
DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v2i2.39494
Article Metrics
Abstract view : 147 timesPDF - 66 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.