PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KONSUMEN PADA MAHASISWA TATA BUSANA

Syarifah Suryana, Nurhijrah Nurhijrah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Konsumen pada mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar konsentrasi Tata Busana melalui penerapan metode pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning). Pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif yaitu memanfaatkan data kualitatif kemudian dijabarkan secara deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 (tiga) sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa metode pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning) terbukti mampu menggali kemampuan dan potensi wirausaha mahasiswa melalui luaran yang dicapai, yaitu penilaian akhir dari projek ini adalah luaran secara tertulis yakni laporan perkembangan projek selama proses pengerjaan projek dan evaluasi atas kendala yang ditemukan selama pengerjaan proyek.


Full Text:

PDF

References


AZ Nasution. (2000). Hukum Perlindungan Konsumen : Suatu Pengantar. Jakarta: Daya Widya.

Halim Purnomo dan Yunahar Ilyas. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media.

Indarti. (2016). Implementing Project-Based Learning (PBL) in Final Collection to Improve the Quality of Fashion Design Student. Innovation of Vocational Technology Education, 22-30.

Mulyasa. (2018). Impelementasi Kurikulum 2013 Revisi : Dalam Era Revolusi Industri 4.0 . Jakarta: Bumi Aksara.

Saifudin. (2018). Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Mediaguru Digital Indonesia.

Shofie, Y. (2000). Konsumen, Perlindungan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Suryana, S. (2022). Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Pengelolaan Usaha Busana Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Entrepreneur di Bidang Tata Busana. Pesona, 52-57.

Thomas, R. (2005, January). Online Project-Based Learning: How Collaborative Strategies and Problem Solving Processes Impact Performance. Journal of Interactive Learning Research , Volume 16, Number 1.




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v3i1.45565

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.