FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA PRODI PKK FPP UNP

Salsabila Salsabila, Ernawati Ernawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa Prodi PKK FPP UNP yang mengalami keterlambatan penyelesaian studi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP. 2) untuk mendeskripsikan pengaruh kesulitan menemukan masalah penelitian terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UN. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel 96 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dan disebarkan melalui Google Form. Pengujian instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reabilitas instrumen. Teknik analisis data yaitu uji analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kesulitan menemukan masalah penelitian terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP. Hal ini dapat dilihat bahwa motivasi berpengaruh signifikan terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP sebesar 56,2% dengan kategori sedang, dengan makna semakin tinggi pengaruh motivasi maka keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Kesulitan menemukan masalah penelitian berpengaruh signifikan terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP sebesar 80,82% dengan kategori tinggi, dengan makna semakin tinggi pengaruh kesulitan menemukan masalah penelitian maka keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Secara keseluruhan setiap variabel memberikan pengaruh terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP.


Full Text:

PDF

References


Adella, Donna Canceri, Ernawati, & Adriani. 2015. “Minat Siswa SMK N 3 Payakumbuh Untuk Melanjutkan Studi Ke Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.” E-Journal Home Economics and Tourism 9(2): 1–11.

Aini, W. 2014. “Kesulitan-Kesulitan Mahasiswa PLS FIP UNP Dalam Menyusun Skripsi.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 14(2): 13–21.

Aprinovita, F., & Ernawati. 2019. “Motivasi Mahasiswa Prodi Pkk Dalam Menyelesaikan Studi Di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.” Jurnal Pendidikan dan Keluarga 11(2): 54–59.

Arsita, M., Antosa, Z., & Noviana, E. 2022. “Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Aquinas 5(1): 69–75.

http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index.

Aslinawati, E.N. & Mintarti, S.U. 2017. “Keterlambatan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Angkatan 2012 (Studi Kasus Di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang).” Jurnal Pendidikan Ekonomi 10(1): 23–33.

Fahriana. 2017. “Keterlambatan Penyelesaian Masa Studi (Studi Kasus Mahasiswa Pecinta Alam Di Universitas Negeri Makasar.” Jurnal Sosiologi 4(4): 36–42.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rusnawati, Made Delina. 2020. “Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(1): 139–50.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Kuanlitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sandra, A., & Purwanto, E. 2015. “Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Di Jakarta.” Business Management 11(1): 97–124.

Syafriani,S., Ernawati, & Novrita, S.Z. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Menentukan Mata Kuliah Pilihan di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga FPP UNP”. Jurnal Pendidikan dan Keluarga.

Wahid. 2011. Strategi Kebut Skripsi. Yogyakarta: PT Media Persindo.

Yuliani, Ernawati, & Izwerni. 2013. “Motivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Studi Di Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.” Jurnal Pendidikan dan Keluarga 1(2): 1–14.




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v4i1.58293

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.