FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA PRODI PKK FPP UNP
DOI:
https://doi.org/10.24114/pesona.v4i1.58293Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa Prodi PKK FPP UNP yang mengalami keterlambatan penyelesaian studi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP. 2) untuk mendeskripsikan pengaruh kesulitan menemukan masalah penelitian terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UN. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel 96 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dan disebarkan melalui Google Form. Pengujian instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reabilitas instrumen. Teknik analisis data yaitu uji analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kesulitan menemukan masalah penelitian terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP. Hal ini dapat dilihat bahwa motivasi berpengaruh signifikan terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP sebesar 56,2% dengan kategori sedang, dengan makna semakin tinggi pengaruh motivasi maka keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Kesulitan menemukan masalah penelitian berpengaruh signifikan terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP sebesar 80,82% dengan kategori tinggi, dengan makna semakin tinggi pengaruh kesulitan menemukan masalah penelitian maka keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Secara keseluruhan setiap variabel memberikan pengaruh terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Prodi PKK FPP UNP.References
Adella, Donna Canceri, Ernawati, & Adriani. 2015. œMinat Siswa SMK N 3 Payakumbuh Untuk Melanjutkan Studi Ke Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. E-Journal Home Economics and Tourism 9(2): 1“11.
Aini, W. 2014. œKesulitan-Kesulitan Mahasiswa PLS FIP UNP Dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 14(2): 13“21.
Aprinovita, F., & Ernawati. 2019. œMotivasi Mahasiswa Prodi Pkk Dalam Menyelesaikan Studi Di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan dan Keluarga 11(2): 54“59.
Arsita, M., Antosa, Z., & Noviana, E. 2022. œAnalisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Aquinas 5(1): 69“75.
http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index.
Aslinawati, E.N. & Mintarti, S.U. 2017. œKeterlambatan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Angkatan 2012 (Studi Kasus Di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Jurnal Pendidikan Ekonomi 10(1): 23“33.
Fahriana. 2017. œKeterlambatan Penyelesaian Masa Studi (Studi Kasus Mahasiswa Pecinta Alam Di Universitas Negeri Makasar. Jurnal Sosiologi 4(4): 36“42.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Jakarta: Sekretariat Negara.
Rusnawati, Made Delina. 2020. œImplementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(1): 139“50.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Kuanlitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sandra, A., & Purwanto, E. 2015. œPengaruh Faktor-Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Di Jakarta. Business Management 11(1): 97“124.
Syafriani,S., Ernawati, & Novrita, S.Z. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Menentukan Mata Kuliah Pilihan di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga FPP UNP. Jurnal Pendidikan dan Keluarga.
Wahid. 2011. Strategi Kebut Skripsi. Yogyakarta: PT Media Persindo.
Yuliani, Ernawati, & Izwerni. 2013. œMotivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Studi Di Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan dan Keluarga 1(2): 1“14.