ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA WANITA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pembuatan Busana Wanita, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pembuatan Busana Wanita. Sampel dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI jurusan Tata Busana yang berjumlah 41 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dengan perhitungan skala likert dan rata-rata hitung (mean). Berdasarkan kriteria tingkat pencapaian ekuivalen, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gambaran minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pembuatan Busana Wanita sudah sangat baik disebabkan dari awal para siswa sudah dibekali dasar Pelajaran Teknologi Menjahit sehingga mereka menunjukkan ketertarikan dan perhatian dilihat dari perasaan senang dan keterlibatan yang ditunjukkan, serta perolehan nilai persentase yaitu 76,37% masuk dalam kategori sangat tinggi. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pembuatan Busana Wanita yaitu (a) faktor internal yang meliputi cita-cita, sikap belajar, dan motivasi nyatanya memiliki pengaruh yang baik dilihat dari sebagian besar siswa memiliki kecenderungan untuk mencari ide-ide atau kreativitasnya agar bisa lebih baik sehingga memperoleh nilai dengan persentase 72,20% masuk kategori tinggi sedangkan (b) faktor eksternal yang meliputi teman pergaulan, guru, fasilitas, dan keluarga memiliki peranan yang sangat penting sebab lingkungan keluarga dan sekolah sangat mempengaruhi minat bergantung dari kondisi dan situasi disekitarnya.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3 ed.). Bumi Aksara.
Mubarak. (2022). Desain Kurikulum Merdeka untuk Era Revolusi Industri 4.0 Society 5.0.
Pratiwi. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31-41.
Ramdan. (n.d.). Evaluasi Implementasi Program Pelatihan Keterampilan Menjahit Bagi Penyandang Tunagrahita di Yayasan Asih Budi Jakarta Timur. .
Sari. (2012). Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Laboratorium Keterampilan Tata Busana Terhadap Hasil Belajar Tata Busana Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal.
Suryana, S. (2022). Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Pengelolaan Usaha Busana Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Entrpreneur di Bidang Tata Busana. Pesona, 2(2), 52-57.
Tohir. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Yuniar. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas Virtual di SMA. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 80.
DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v4i2.66134
Article Metrics
Abstract view : 7 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.