STRATEGI KOMUNIKASI GURU SOSIOLOGI DALAM BELAJAR DARING DI SMA NEGERI 1 LINGGO SARI BAGANTI

Mimi Nurhidayanti, Sri Rahayu, Yanti Sriwahyuni

Abstract


Beralihnya pembelajaran yang dilakukan dari dalam kelas ke pembelajaran daring, secara tidak langsung merubah strategi pembelajaran yang dilakukan guru sosiologi yang mengajar dikelas XI IPS 3 SMAN I Linggo Sari Baganti, menyampaikan materi pembelajaran melalui WhatsApp dan aplikasi lainnya.Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi guru sosiologi dalam belajar daring di SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar Thordike Behavioristik.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif.Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara dan observasi.Wawancara dilakukan dengan informan sebanyak 9 orang, informan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Model analisis data yaitu melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dari hasil yang dapat disimpulkan bahwa 1) untuk menunjang pembelajaran daring guru mengirim video pembelajaran tentang materi ajar. 2) strategi komunikasi guru sosiologi dalam menjelaskan materi guru juga membuat rekaman suara (voice note). 3) guru juga juga memberi apresiasi seperti pujian kepada peserta didik.


Keywords


Strategi, Komunikasi, Daring

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i1.34617

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.