PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X E 1 SMAN 2 KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Acin Gumelar, Liza Husnita, Ranti Nazmi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik kelas X E 1 Di SMAN 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat kurang antusias selama proses pembelajaran Sejarah. Hal ini tampak ketika penelti mengamati guru Sejarah pada saat proses pembelajaran, peserta didik kurang bersemangat dan peserta didik cenderung kurang aktif dan tidak merasa menjadi bagian dari kelas. Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menyarankan agar guru menggunakan model Discovery Learning yang berpusat pada peserta didik tidak pada pendidik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran Sejarah Kelas X E 1 Di SMAN 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat dan untuk mendeskripsikan kendala-kendala dalam penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran Sejarah Kelas X E 1 Di SMAN 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Hasil penelitian yang didapat dari penggunaan model Discovery Learning oleh guru Sejarah yaitu peserta didik menjadi lebih antusias dan aktif selama proses pembelajaran Sejarah sehingga dapat meningkatkan kreativitas dalam mengemukakan pendapat didepan kelas. Peserta didik juga mampu mengembangkan kemampuan berpikir terhadap penemuan masalah dalam materi yang dibahas. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah diuraikan, maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model Discovery Learning oleh guru Sejarah adalah membuat peserta didik atif dan antusias Selma proses pembelajaran. Peserta didik juga mampu mengembangkan kemampuan berpikir terhadap penemuan masalah dalam materi yang dibahas. Hal ini dapat dilihat pada pengetahuan yang didapat peserta didik selama pembelajaran menggunakan model Discovery Learning serta hasil wawancara peneliti dengan peserta didik.   

Keywords


Sejarah, Discovery Learning, Kinali

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.38162

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.