TINJAUAN PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT MAP PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPA SMAN 6 PADANG
Abstract
Salah satu model yang digunakan oleh guru sejarah dalam proses belajar mengajar sejarah yaitu pelaksanaan model Concept Map. Penggunaan model Concept Map sudah sering digunakan oleh guru sejarah di SMA N 6 Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tinjauan pelaksanaan model Concept Map pada mata pelajaran Sejarah Kelas X IPA di SMA N 6 Padang. Penulisan ini bertujuan untuk mendeksripsikan tinjauan pelaksanaan model pembelajaran concept map pada mata pelajaran sejarah kelas X IPA DI SMA N 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data adalah melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan informan sebanyak 11 orang, informan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling, maka informan yaitu terdir dari guru dan siswa SMA N 6 Padang. Model analisis data yaitu melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tinjauan penggunaan model Concept Map pada pembelajaran sejarah di SMA N 6 Padang yaitu: penggunaan model Concept Map dalam belajar sejarah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran. Setiap tahap atau langkah dari model Concept Map sudah diterapkan oleh guru sesuai dengan langkah-langkah model Concept Map, maka melalui penarapan model ini dengan langkah-langkah model yang terarah maka penerapan model ini mampu melatih kemampuan berfikir dan kerjasama siswa dalam belajar. Selain itu selama proses belajar beralngsung terjalinya komunikasi dan interaksi yang baik antara guru dengan siswa dan antara siswa yang satu dengan yang lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.39242
Article Metrics
Abstract view : 71 timesPDF - 92 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.