PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KAFE POTRET MEDAN

Asrye Tutur Sinaga, Nurul Wardani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjelaskan pengaruh Kualitas Pelayanan dan Word Of Mouth terhadap Keputusan pembelian di Kafe Potret Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 700 orang ditentukan dari jumlah pengunjung Kafe Potret Medan dalam kurun waktu satu minggu, dan sampel yang digunakan berjumlah 88 pengunjung. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan pengujiannya yaitu uji kualitas data dan uji asumsi klasik.Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Hipotesis penelitian dimensi Kualitas Pelayanan dan Word Of Mouth secara parsial terhadap Keputusan Pembelian diterima jika t hitung > t tabel dengan tingkat signifikan 0.05.Nilai t tabel dalam penelitian ini 1,662. Nilai t hitung variabel X1 sebesar 1,990 t hitung  > t tabel maka hipotesis diterima, nilai t hitung variabel X2 sebesar 2,628 t hitung > t tabel maka hipotesis diterima. Dari 2 variabel, variabel Word Of Mouth yang paling dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian  sebesar 2,628.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

 

Abstract

The purpose of this study is to identify and able to explain the influence of Service Quality and Word Of Mouth to Purchasing Decisions of Kafe Potret Medan. The population in this study were 700 people from visitors Kafe Potret Medan in one week, and the samples used were 88 visitors. While the techniques of data collection using the questionnaire and use the test of quality data and classical assumption. The hypothesis test uses multiple linear regression analysis, F test, R square and t test. The study hypothesis was partially of Service Quality and Word Of Mouth dimension to  Purchasing Decisions is acceptable if t hitung > t tabel with a significant level 0.05. The t tabel value in this study 1.662. The t hitung X1 is 1.990 that mean t hitung > t tabel then the hypothesis is accepted, t hitung X2 is 2.628 that mean t hitung > t tabel then the hypothesis is accepted. From 2 variables fascination that the most dominant variable for Purchasing Decisions is Word Of Mouth of 2.628.

 

Keywords : Service Quality, Word Of Mouth, Purchasing Decisions


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v13i2.13316

Article Metrics

Abstract view : 423 times
PDF - 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.