ANALISIS PERUBAHAN KEPUTUSAN STRATEGI BISNIS PADA STARTUP E-COMMERCE JD.ID DENGAN MERUBAH FOKUS BISNIS DAN MENGHENTIKAN OPERASIONAL DI INDONESIA

Mario Aruan, James Alfrendy Sitohang, Jessica Angjenia Rajagukguk, Jihan Aulia Siregar, Salsabila Salsabila, Eliyada Tambunan

Abstract


Menghadapi persaingan yang ketat di industri e-commerce, perusahaan JD.ID mampu bersaing dengan kompetitor besar seperti shopee, lazada, tokopedia, dan bukalapak. JD.ID adalah anak perusahaan  JD.com, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia, yang didirikan pada tahun 1998 oleh Liu Qiangdong (Richard Liu) di Tiongkok. JD.com adalah salah satu dari dua platform e-commerce terbesar di Tiongkok, bersama dengan Alibaba Group. JD.ID adalah bagian dari ekosistem e-commerce  Indonesia yang berkembang pesat. Salah satu keunggulan JD.ID adalah kecanggihan teknologi dan sistem logistik  yang diwarisi dari perusahaan induk  JD.com. Mereka memiliki sistem pergudangan dan transportasi yang kuat, memungkinkan pengiriman yang  cepat dan handal.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v14i2.52215

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.