ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN GOJEK SEBAGAI STARTUP PERTAMA DI INDONESIA YANG MENDAPATKAN GELAR UNICORN

Christy Anasthasya Simbolon, Ananda Putri Utami, Fildzah Haryani Harahap, Intan Nuraini, Patricya Damanik, Samuel Barita Silalahi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesuksesan Gojek sebagai startup pertama di Indonesia yang memperoleh predikat Unicorn. Melalui pendekatan analisis kualitatif dan menganalisis data sekunder, kami mengidentifikasi sejumlah faktor penting yang berkontribusi dalam pencapaian spektakuler Gojek, diantaranya adalah inovasi dalam model bisnis, pemahaman pasar, teknologi terkini, pendanaan yang kuat, pemimpin dan tim yang berkualitas, regulasi yang mendukung, dan ekspansi. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan startup di lingkungan yang kompetitif seperti Indonesia. Penelitian ini juga dapat menjadi referensi untuk pengusaha, pemangku kepentingan, dan peneliti yang tertarik dalam memahami dinamika perkembangan startup di negara berkembang.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v16i1.52243

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.