IMPLIKASI PERATURAN PINJAMAN ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN PELANGGAN: STUDI KASUS PADA KREDIT DIGITAL APLIKASI LEGAL ADAKAMI

Willa Sondang Geviani Marbun, Abdillah Rizky Ananta Lubis, Artha Rehwelda Lumban Gaol, Nita Lestari, Rehulina Dahinta Ketaren, Via Yusnika Suhendy

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana biaya layanan yang tinggi pada
platform kredit digital AdaKami mempengaruhi kesejahteraan pengguna dan apakah itu
mempengaruhi stres dan kepuasan mereka. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah studi literatur dan metode analisis yang digunakan adalah analisis data sekunder
dengan menggunakan sumber-sumber data dari jurnal, buku, dan internet sebagai bahan
untuk melakukan analisis. Hasil penelitian menggambarkan berbagai aspek yang relevan,
seperti penerapan peraturan di platform "AdaKami," tingkat kesejahteraan pelanggan, isu
penyalahgunaan data pribadi, biaya layanan yang tinggi, serta dampak psikologis yang
dialami oleh pengguna. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa biaya layanan yang
tinggi secara negatif mempengaruhi kesejahteraan pelanggan. Kesimpulan penelitian ini
memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai dinamika industri pinjaman online
dan mendorong kebutuhan akan regulasi yang lebih ketat untuk melindungi kesejahteraan
pelanggan. Upaya ini juga bertujuan untuk memelihara kepercayaan dalam ekosistem
pinjaman online yang terus berkembang. Dengan kata lain, penelitian ini berperan dalam
mengarahkan perubahan positif dalam industri yang semakin kompleks ini


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v15i2.52252

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.