IMPLEMENTASI PEMBAYARAN DIGITAL DAN PENGENALAN APLIKASI LAYANAN KEUANGAN DIGITAL TERHADAP UMKM PANGKAS PRIA C KE 2

Authors

  • Sabrina Yolanda Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Fajar Agung Leksmana Universitas Negeri Medan
  • Eurica Aura Magdalena Panjaitan Universitas Negeri Medan
  • Angie Gracia Sibarani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/plans.v20i1.53587

Abstract

Abstrak Penggunaan pembayaran digital dan aplikasi layanan keuangan digital telah menjadi tren yang signifikan dalam dunia usaha, terutama di sektor UMKM. Luasnya penggunaan internet dan teknologi digital memberikan pengaruh dramatis pada pembeli dan pemasar, yang memperlihatkan bahwa adopsi teknologi digital dapat memberikan keuntungan bagi UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembayaran digital dan pengenalan aplikasi layanan keuangan digital terhadap UMKM Pangkas Rambut Pria C Ke-2 di Jalan Bunga Cempaka, Kota Medan. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik UMKM Pangkas Pria C Ke-2 yamg dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi pembayaran digital dan aplikasi layanan keuangan digital memungkinkan UMKM untuk memantau dan mengelola kas, yang mengarah pada transaksi dan penjualan serta dampak positif terhadap UMKM tersebut Temuan ini memberikan wawasan bagi UMKM sejenis untuk mempertimbangkan penggunaan teknologi pembayran digital sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja bisnis.Kata Kunci: Pembayaran digital, aplikasi layanan keuangan digital, UMKM, teknologi digital, kinerja bisnis. AbstractThe use of digital payments and finansial service applications has become a significant tren in the business world, especially in the MSME sector. Thewidespread use of the internet and digital technology has a dramatic impact on buyers and sellers, showing that digital technology adoption can provide benefits for MSMEs. This study aims to analyze the effect of digital payments and the introduction of finansial service applications on C. Ke-2 men™s hair cutting MSMEs on Jalan Bunga Cempaka Medan City. The research method used is qualitative with a descriptive approach. Data were collected through in-depth interviews with C.Ke-2 men™s hair cutting MSME owners selected through  purposive sampling. The results of study show that the adoption of digital payments an d finansial service applications enables MSMEs to monitor and manage cas, leading to transactions and sales, and has a positive impact on these MSMEs. This finding provides insights for similiar MSMEs to consider the use of digital payments technology as a strategy to improve their business performance.  Keywords: Digital payments, finansial service applications, MSMEs, impact, business perfomance.

Downloads

Published

2025-07-02