ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS PADA CV. PARIS GARDEN MEDAN

Nur Hasanah, Sulaiman Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian tanaman hias secara simultan dan parsial pada CV. Paris Garden Medan. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli tanaman hias. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket (kuesioner) yang diolah secara statistik dengan bantuan SPSS 22.00 dan menggunakan Analisis Regresi Berganda dan pengujian hipotesis uji t, uji F dan koefisien determinasi, yang sebelumnya keadaan data telah diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil pengolahan data yang menggunakan uji statistik diperoleh model regresi hasil penelitian yaitu Y = 8,768 + 0,121 X1+ 0,291 X2+ 0,337 X3 +e. Artinya jika harga, kualitas produk dan gaya hidup konstan maka keputusan pembelian akan konstan. Uji parsial menggunakan uji t menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terlihat dari nilai thitung > ttabel (2,154 > 1,660) dan taraf signifikan sebesar 0,034 < 0,05. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terlihat dari nilai thitung > ttabel (3,652 > 1,660) dan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangakan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terlihat dari nilai thitung > ttabel (4,066 > 1,660) dan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Uji simultan dengan menggunakan tabel ANOVA dengan angka signifikan penelitian sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya harga, kualitas produk dan gaya hidup secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias pada CV. Paris Garden Medan dan menyatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan Adjusted R Square yang diperoleh 0,699 yang artinya keputusan pembelian sebesar 69,9% dipengaruhi oleh harga, kualitas produk dan gaya hidup dan sisanya 30,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian tanaman hias pada CV. Paris Garden Medan.

 

Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v12i1.9564

Article Metrics

Abstract view : 661 times
PDF - 315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.