PENGARUH KUALITAS PRODUK, LOKASI, DAN NILAI EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN UCOK DURIAN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas produk dan nilai emosional terhadap loyalitas pelanggan Ucok Durian Medan.Populasi dalam Penelitian ini adalah 2000 orang, teknik pengambilan sempel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket (Kuesioner) yang pengukurannya menggunakan skala Likert dan diolah secara statistik dengan metode analisis regresi linear berganda dengan persamaan struktural Y=a+b1X1+b2X2+b3X3+e serta diolah dengan menggunakan SPSS 19.0 for windows. Dari hasil analisis data maka diperoleh persamaan analisis regresi linear berganda Y=1,130+0,332X1+0,329X2+0,377X3+e. Kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat diketahui dengan koefisien determinasi (R2) dengan hasi sebesar 49,4% yang artinya loyalitas pelanggan dapat dijelaskan dengan kualitas produk, lokasi dan nilai emosional dan sisanya sebesar 50,6% dijelaskan oleh variabel lain. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji F dengan nilai Fhitung (29,653) > Ftabel (2,705).Dari hasil perhitungan diatas dapat dikatakan bahwa kualitas produk, lokasi dan nilai emosional berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Ucok durian Medan.Secara parsial kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung> tyaitu 6,833 > 1,986, lokasi terhadap loyalitas 2,003 > 1,986 dan nilai emosional terhadap loyalitas pelanggan 2,027 > 1,986. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yaitu ada pengaruh kualitas produk, lokasi dan nilai emosional secara parsial maupun secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Ucok Durian Medan.
Kata kunci: Kualitas Produk, Nilai Emosional, Loyalitas Pelanggan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/plans.v12i1.9566
Article Metrics
Abstract view : 338 timesPDF - 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.