Hubungan Media Internet Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Roda dan Ban Siswa SMK-TI Swasta Budi Agung Medan

M. Heru Purnomo

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis: (1) hubungan media internet dengan hasil belajar roda dan ban, (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar roda dan ban, (3) hubungan media internet dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar roda dan ban. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrumen angket model Likert dan tes essay. Jumlah populasi 201 siswa, dengan teknik Proportional Sampling didapat sampel sebanyak 67 siswa. Hasil penelitian di analisis menggunakan teknik korelasi korelasi Product Moment, korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Dari hasil analisis pada N = 67 taraf signifikan 5 %, temuan penelitian menujukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media internet dengan hasil belajar roda dan ban dengan koefisien korelasi 0,298. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar roda dan ban dengan koefisien korelasi 0,265. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media internet dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar roda dan ban dengan harga koefisien korelasi ganda R sebesar 0,871.   Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media internet dan motivasi belajar dengan hasil belajar roda dan ban siswa kelas xi kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK-TI Budi Agung Medan T.A 2017/2018. Dengan demikian diharapkan kepada guru pengajar untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan pemanfaatan media internet dan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar roda dan ban siswa.


Full Text:

PDF

References


Afrineldi, R., Hidayat, H., & Yuza, A. (2020). “Development Of Interactive Learning Media Based On Tutorial Model In Ipa Learning Theme 6 My Ideals For Grade Iv Elementary School”. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 13(2). Retrieved From Https://Ejurnal.Bunghatta.Ac.Id/Index.Php/Jfkip/Article/View/18302

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2). Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V4i2.2543

Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391–404. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V9i2.32079

Isnawati, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Asli Dengan Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas Ii Sdn 5 Sikur. Journal Transformation Of Mandalika (Jtm) E-Issn 2745-5882, 1(2 Oktober), 123–130. Retrieved From Http://Ojs.Cahayamandalika.Com/Index.Php/Jtm/Article/View/174

Naeli Fajriah, U., & Sudarma, K. (2017). Economic Education Analysis Journal Pengaruh Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Bimbingan Karir Pada Kesiapan Kerja Siswa Info Artikel. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 421–432. Retrieved From Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka Faktor’s Affecting Student Learning Outcomes Elementary School Student’s In District Tambolaka.

Sardiman, A. M. (2007). Jakarta: Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Pt Raja Grafindo Persada.

Sugiarti, R., & Pribadi, A. S. (2013). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Siswa Slow Learner Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang. Journal Wacana, 5(1), 1–17.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). (No. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Indonesia.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. (2005). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Media Abadi.

Yarangga, F. S. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v1i1.23276

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.