Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Perawatan Berkala Sistem Pelumasan Kelas XI TKRO1 SMK Swasta Mandiri
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahn pembelajarn PMKR yang sering “content transmission” juga “teachercentered”. Kegiatan proses pembelajarn seperti ini mengakibatkan penalaran siswa menjadi terbatas. Hal itu yang membuat peneliti mealakukan penelitian dengan harapan meningkatkan keaktifan dan meningkatnya hasil belajar. Selanjutnya disusun rancangan penelitian tindakan kelas dengan strategi pembelajaran berbasis inkuiri dengan harapan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan meggunakan teknik analisis kuantitatif. Analisis keaktifan dengan menggunakan teknik persentase sedangkan analisis hasil prestasi belajar dengan menggunakan rata-rata nilai hasil evaluasi. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh keaktifan dan nilai belajar siswa jauh lebih baik dari pada sebelumnya. Dengan demikian dapat disimpulkam bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI TKRO1 SMK Swasta Mandiri.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
.2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
Aqib, zainal.2009. Penelitian Tindakan Kelas. CV. Yrama Widya: Bandung.
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik ,Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Beroirentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
, Wina.2010. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2012. Interaksi & motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
.2001. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempegaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012.Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung. Arisito.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Usman, Moh Uzer. 2009. Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
W. Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Borneo, Doni dan Rabiman. 2015.“Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin Pada Siswa Kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman Yogyakarta”Journal. Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa.
DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v2i2.42934
Article Metrics
Abstract view : 123 timesPDF - 84 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.