HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XII TKR DI SMK BIMA UTOMO BS BATANG KUIS

Nanda Ramadhan Damanik, Erma Yulia

Abstract


Hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan siswa kelas XII TKR tahun ajaran 2019/2020 hanya terdapat 10 siswa yang tuntas dari 33 siswa (30,30%), dan tahun ajaran 2018/2019 hanya terdapat 12 siswa yang tuntas dari 30 siswa (40%). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variabel minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa kelas XII TKR di SMK Bima Utomo BS Batang Kuis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 37 siswa. Data minat belajar menggunakan angket, hasil belajar menggunakan nilai ulangan siswa. Besarnya koefisien korelasi yaitu r_hitung = 0,821 dan r_tabel = 0,3246 (R_Hitung> R_Tabel). Sedangkan nilai signifikansi diperoleh nilai 0,000 < 0,05 dan nilai t_hitung (8,514) > t_tabel (2,030). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa kelas XII TKR di SMK Bima Utomo BS Batang Kuis.


Full Text:

PDF

References


Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The four- phase model of interest development. Educational Psychologist, 41, 112 –127.

Khodijah, N. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nana, S.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group

Putri, Kabela. Dkk. (2017). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.11, No.1

Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2001). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v2i2.42939

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.