AKOMODASI KOMUNIKASI MAHASISWA UNIMED TERHADAP HUBUNGAN ANTAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.24114/sasindo.v14i1`.58936Keywords:
akomodasi komunikasi, hubungan akrab, sosiolinguistik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahasa mahasiswa terhadap hubungan akrab antar mahasiswa di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana konvergensi dan divergensi bahasa mempengaruhi interaksi sosial dan akademik di antara mahasiswa Sastra Indonesia UNIMED. Data dikumpulkan melalui observasi percakapan sehari-hari di lingkungan kampus tanpa sepengetahuan subjek untuk memastikan keaslian interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konvergensi bahasa, di mana penutur menyesuaikan gaya bicara mereka agar lebih mirip dengan lawan bicara, sering kali digunakan untuk menciptakan rasa kebersamaan dan meminimalisasi kesalahpahaman. Sebaliknya, divergensi, yang terjadi ketika penutur mempertahankan gaya bicara yang berbeda untuk menunjukkan identitas atau kelompok sosial tertentu, dapat menyebabkan ketegangan atau konflik. Studi ini menyoroti pentingnya adaptasi linguistik dalam membangun hubungan harmonis di lingkungan multikultural kampus dan memberikan wawasan tentang strategi komunikasi yang efektif untuk mengurangi hambatan bahasa dan budaya.References
Andini, S. T., Fajarina, F., & Siregar, B. (2023). Strategi Akomodasi Komunikasi Antar-Budaya Karyawan Etnis Jawa-Betawi Di Lingkungan Sushi Tei Sudirman. Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 48–60.
Denna, & Utari, P. (2015). Komunikasi Konvergensi dan Divergensi dalam New Media.
Dewi, P. P. (2019). KONVERGENSI DAN DIVERGENSI BAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 3 KOTA TANGERANG. In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hariyati, F. (2020). Strategi Akomodasi Komunikasi Mahasiswa Asing dalam Interaksi Antarbudaya (Studi pada Mahasiswa Thailand Selatan di UHAMKA). Komunika, 7(1), 1–15.
Musdalifah. (2022). AKOMODASI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN III TAHUN 2022 (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya Penugasan Luar Daerah Sumatra Selatan).
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Rokhman, F. (2013). Sosiolinguistik: Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Graha Ilmu.
Saebani, B. A. (2016). Komunikasi Antarbudaya: Mengubah Persepsi Persepesi dan Sikap dalam Meningkatkan Kreativitas Mansia (P. Setia (ed.)).
Saputro, G. A., & Fathoni, A. (2017). Analisis Pengaruh (Human Relation / Hubungan Antar Manusia) Dan Kondisi Fisik Lingkungan Kerja Terhadap Etos Kerja Dan Dan Kinerja Karyawan PT Karunia Adijaya Mandiri Semarang. Journal of Management, 3(3), 1–9.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suheri. (2019). Akomodasi Komunikasi. Jurnal Network Media, 2(1), 40–48.
Ulpa, M. (2014). Akomodasi Komunikasi Dalam Interaksi Antarbudaya: Studi Pada Himpunan Pelajar Patani Di Indonesia Dalam Mengomunikasikan Identitas Budaya.
Varanida, D. (2018). Keberagaman Etnis dan Budaya sebagai Pembangunan Bangsa Indonesia. PROYEKSI-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 23(1), 36–45.
West, R., & Tunner, L. H. (2007). Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rangga Kari Pratama, Cindy Ayu Fladira, Marini Romauli Pardede, Silvia Agustina, Hera Chairunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.