Evaluasi Tebal Perkerasan Landasan Pacu Bandar Udara Silangit-Tapanuli Utara dengan Metode Federal Aviation Administration (FAA)

Tri Rahayu, Muhammad Qarinur

Abstract


Perkembangan transportasi udara di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini mendorong kebutuhan akan prasarana bandar udara (bandara) yang memadai, termasuk landasan pacu (runway). Perencanaan perkerasan runway yang tepat sangatlah penting untuk memastikan keamanan dan kelancaran operasional penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan perkerasan runway Bandar Udara Silangit dengan menggunakan metode Federal Aviation Administration (FAA). Metode FAA merupakan metode yang umum digunakan dalam perencanaan perkerasan runway di Indonesia. Metode ini mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis pesawat, beban pesawat, kondisi tanah, dan iklim. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketebalan perkerasan runway Bandar Udara Silangit yang direkomendasikan adalah 70 cm. Penelitian ini juga menemukan bahwa pihak perencana bandar udara telah memperhitungkan kelebihan 15 cm dari hasil perhitungan FAA. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pengembangan Bandar Udara Silangit di masa depan.

Keywords


Beban pesawat, Desain landasan pacu, Perpanjangan landasan pacu

References


Angkasa Pura II. (2020). Bandara Internasional Silangit. https://www.angkasapura2.co.id/id/business_relation/our_airport/24-bandara-internasional-silangit

de Moura, I. R., dos Santos Silva, F. J., Costa, L. H. G., Neto, E. D., & Viana, H. R. G. (2021). Airport pavement evaluation systems for maintenance strategies development: a systematic literature review. International Journal of Pavement Research and Technology, 14(6), 676–687. https://doi.org/10.1007/s42947-020-0255-1

Deni, N., Akhmadali, A., & Kadarini, S. N. (2023). Design of the New Runway At Supadio International Airport’S Rigid Pavement Thickness Using Faa Method. Jurnal Teknik Sipil, 23(1), 62. https://doi.org/10.26418/jtst.v23i1.63398

Fatikasari, A. D., Aryaseta, B., & Cahya Wardhani, P. (2022). Thickness Analysis of Runway Pavement Construction at Zainuddin Abdul Madjid Airport to Accommodate Boeing 777-300ER. MATEC Web of Conferences, 372, 08003. https://doi.org/10.1051/matecconf/202237208003

Federal Aviation Administration. (1995). Airport Pavement Design and Evaluation. AC No: 150/5320-6D. In US Department of Transportation

Federal Aviation Administration. U.S. Department of Transportation.

Federal Aviation Administration. (2021). Airport Pavement Design and Evaluation. AC No: 150/5320-6G. In US Department of Transportation Federal Aviation Administration. U.S. Department of Transportation.

Lewa, M. S., Ariawan, P., & Budiarnaya, P. (2021). Evaluasi Perkerasan Landasan Pacu Pada Bandara Pattimura Dengan Membandingkan Metode FAA dan FAARFIELD Software. Jurnal Ilmiah Telsinas Elektro, Sipil dan Teknik Informasi, 3(2), 1–8. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/teknik/article/view/2854

S, B. C., Djuniati, S., & Sandhyavitri, A. (2016). Analisis Perencanaan Struktur Perkerasan Runway, Taxiway, dan Apron Bandara Sultan Syarif Kasim II menggunakan Metode FAA. Jom FTEKNIK, 3(2), 1–15.

Santoso, S. E., Sulistiono, D., & Mawardi, A. F. (2017). Comparison study on flexible pavement design using FAA (Federal Aviation Administration) and LCN (Load Classification Number) code in Ahmad Yani international airport’s runway. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 267(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/267/1/012028

Sun, J., Chai, G., Oh, E., & Bell, P. (2023). A Review of PCN Determination of Airport Pavements Using FWD/HWD Test. International Journal of Pavement Research and Technology, 16(4), 908–926. https://doi.org/10.1007/s42947-022-00170-1

Suryan, V., Fazal, M. R., Nur Afriyani, S. R., Septiani, V., Sari, A. N.,

Fatimah, S., & Winiasri, L. (2023). Aplikasi Perencanaan Perkerasan Runway Menggunakan Software Faarfield. Jurnal Talenta Sipil, 6(1), 61. https://doi.org/10.33087/talentasipil.v6i1.163

Taruna, H. (2017). Correlation Analysis of Airport Silangit in Improving Tourism Sector in North Tapanuli Regency. 6(1), 8–17.




DOI: https://doi.org/10.24114/smart.v2i1.60293

Article Metrics

Abstract view : 26 times
SMART0008 - 15 times TURNITIN-SMART0008 - 4 times

SMART: Jurnal Teknik Sipil, Manajemen Konstruksi, dan Arsitektur Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan, Indonesia. Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319 E-mail : ernestosilitonga@unimed.ac.id
slot gacor slot