PEMBELAJARAN TEMATIK BUKAN SEKEDAR MENGHAFAL

Nirwana Anas Anas

Abstract


Abstrak

 

Berbagai upaya terus dilakukan menuju tahun 2045 sebagai titik keberhasilan pendidikan Indonesia. Mempersiapkan generasi emas Indonesia agar mampu bersaing di dunia Internasional terus dilakukan. Perbaikan di bidang pendidikan tak luput dari perhatian pemerintah. Perbaikan terhadap kurikulum yang terjadi sebagai salah satu upaya mempersiapkan generasi emas yang unggul. Pembelajaran tematik terpadu dianggap tepat untuk menciptakan generasi unggul karena melalui pembelajaran tematik memberi ruang gerak maksimal bagi anak untuk mengaktualisasikan kemampuannya. Pembelajaran tematik memberi ruang untuk melayani cara belajar anak yang bervariasi. Guru menempati peran penting dalam merealisasikan hal ini. Guru merupakan komponen dari pembejaran yang bersentuhan langsung dengan peserta didik dalam merealisasikan kurikulum. Sebaik apapun kurikulum yang dirancang, tidak akan berhasil tanpa guru yang tepat. Tujuan dari tulisan ini adalah: 1) menemukan formulasi guru yang tepat untuk mewujudkan generasi emas yang unggul; 2) upaya perbaikan dalam pembelajaran untuk mewujudkan generasi emas yang unggul.

 

Kata kunci: guru, pembelajaran tematik, generasi emas.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.