PENGARUH METODE PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAJAAN-KERAJAAN HINDU DI INDONESIA DENGAN MEMBUAT ALAT PERAGA WAYANG SEJARAH DI KELAS V SDN 116874 BAKARAN BATU KABUPATEN LABUHANBATU

Defa Defa, Fauziah Desrini, Ifran Fredi Tarigan

Abstract


Abstrak

 

Metode perbaikan pembelajaran ini adalah dengan metode PAKEM, yang berfokus pada siswa, guru tidak banyak berceramah di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa dengan metode PAKEM pada mata pelajaran IPS materi kerajaan- kerajaan Hindu di Indonesia, siswa tidak lagi mendengar ceramah dari guru di depan kelas dalam menerima pembelajaran tersebut. Melainkan siswa akan terjun langsung seperti halnya salah satu karakteristik kurikulum 2013 yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pada materi ini, siswa akan membuat alat peraga murah, dari bahan- bahan sederhana yang disebut Wayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas. Judulnya “ Pengaruh Metode PAKEM terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kerajaan- kerajaan Hindu di Indonesia dengan membuat alat peraga wayang sejarah di kelas V SD No. 116874 Bakaran Batu “.Populasi penelitian diambil semua siswa kelas V, teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil tes siswa. Tindakan dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data digunakan analisis persentase dari perubahan hasil evaluasi belajar sebelum dan setelah dilakukan tes.

 

Kata kunci : PAKEM, Hasil Belajar, Alat Peraga Wayang Sejarah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.