PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif dan model konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi optika geometris kelas X di SMA Swasta Cerdas Murni Tembung. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran berpikir induktif yang berjumlah 30 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidkan oleh validator, observasi aktivitas belajar, sikap dan keterampilan siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu (5,008 > 1,59), artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi optika geometris kelas X di SMA Swasta Cerdas Murni Tembung. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas siswa kelas eksperimen adalah 77,34 termasuk dalam kriteria aktif.
Kata Kunci: quasi eksperiment, berpikir induktif, hasil belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 138 timesPDF - 100 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.