MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIFDENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MAHASISWAPGSD UNIMEDT.A. 2015/2016

Erlinda Simanungkalit, Mastiana Ritonga

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil yang diperoleh mahasiswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi menulis karangan deskritif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD UNIMED semester ganjil pada5Tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif (rata-rata dan persentase). Sedangkan kriteria keterampilan menulis didasarkan pada keterampilan secara perorangan dan klasikal. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan mahasiswa.

 

Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), keterampilan menulis.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 83 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.