KONTRIBUSI PERMAINAN MATEMATIKA KREATIF DAN KEMAMPUAN NUMBER SENSE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis kontribusi permainan matematika kreatif dan kemampuan number sense terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi sebanyak 63 orang, sampel sebanyak 23 orang yang diperoleh dengan cara random. Instrumen yang digunakan adalah angket permainan matematika kreatif dan tes uraian untuk mengukur kemampuan number sense dan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) semua siswa tidak memiliki kepekaan yang baik mengenai bilangan, hubungan antar bilangan, operasi bilangan, hubungan antar operasi bilangan beserta sifat-sifatnya dan berfokus pada penggunaan perhitungan prosedural. Siswa dengan kemampuan number sense yang baik akan mampu memanfaatkan pengetahuannya tentang bilangan dalam pemecahan masalah matematika, (2) terdapat kontribusi positif permainan matematika kreatif terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,416 atau 41,6% sisanya yaitu 58,4% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Permainan Matematika Kreatif, Kemampuan Number Sense, Hasil Belajar Matematika
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 97 timesPDF - 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.