AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MODEL SERVIS LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD PARULIAN 5 MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian yaitu 1) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengaktualisasikan model Servis Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pendidikan karakter. 2) untuk mengetahui model Servis Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dilatar belakangin perkembangan teknologi yang menimbulkan rendahnya karakter generasi muda khususnya siswa SD dari nilai moral dan nilai sosial. Servis Learning merupakan proses pembelajaran yang mengkolaborasi antara tindakan positif dan bermakna di masyarakat dengan pembelajaran akademik, perkembangan pribadi, dan tanggungjawab sebagai masyarakat. Melalui model Servis Learning , guru dapat memberikan ruang bagi siswa untuk peka terhadap lingkungan untuk bisa membedayakan lingkungan, pengalaman, keterampilan dan nilai-nilai yang dituangkan dalam bentuk karangan berupa tulisan dan lisan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif malalui pengumpulan data yaitu angket.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Model Servis Learning, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 160 timesPDF - 579 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.