MANIFESTASI KUALITAS KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM MEMBANGUN PARADIGMA INSAN GENERASI EMAS
Abstract
ABSTRAK
Membangun generasi yang genius dan unggul adalah tujuan demi kemajuan bangsa. Akan tetapi, membangun generasi yang genius, unggul, dan berkarakter butuh keprofesionalisme seorang guru dalam proses pembelajaran. Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian. Kualitas keahlian itu tercermin dalam kepemilikan kompetensi yang bersifat khusus, tingkat pendidikan minimal, dan sertifikasi keahlian. Profesionalisme mengacu pada hakekat mengajar yang merupakan usaha guru dalam menciptakan dan mendesain proses belajar siswa, guru lebih menghargai proses daripada hasil, sehingga tercipta sebuah pembelajaran yang aktif, inovatif, dan kreatif. Hal ini dapat dilakukan oleh seorang guru yang professional. Berdasarkan empat kriteria guru profesional, yaitu: ahli, memiliki tanggungjawab, berjiwa dinamis dan memiliki rasa kesejawatan. Empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru professional, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, professional dan sosial, maka diharapkan guru profesional akan mampu mencetak anak bangsa yang berkualitas guna membangun paradigma insan generasi emas Indonesia yang diharapkan.
Kata kunci: Profesionalisme, Kualitas Kompetensi, Generasi Emas
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 150 timesPDF - 96 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.