MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARANPICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 045964 BULUH BELANGKE TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaranbelum maksimalnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia di kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan hasil belajar siswa.Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 045964 Buluh Belangke. Yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia di kelas V. Lembar observasi dan tes yang digunakan adalah berbentuk pilihan berganda.Berdasarakan hasil penelitian di siklus II pelaksanaan pembelajaran IPA, diperoleh aktivitas guru dengan hasil yang diperoleh 77% dan aktivitas siswa dengan nilai siswa 82 tergolong kategori baik. Sementara itu, dari 21 orang siswa terdapat 18 orang siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 secara klasikal terdapat 85,71% siswa tuntas belajar dan 14,29% siswa tidak tuntas belajar dengan rata-rata 76,19.Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar berkategori baik. Dengan demikian pembelajaran melalui model pembelajaran Picture and Picture dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia di kelas V SD Negeri 045964 Buluh Belangke telah meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Picture and Picture
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 107 timesPDF - 134 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.