MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA DENGANMENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SD NEGERI 050671 KAMPUNG GOHOR

Demmu Karo-Karo, Sekar Drya Fajrin Nurina

Abstract


Abstrak

Subjek dalam penelitian berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.Objeknya adalah penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dengan materi Gaya.Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 39 orang siswa diperoleh hasil siklus I pertemuan 1 terdapat 2 siswa berkriteria cukup (5.13%), 1 siswa berkriteria kurang (2.56%) dan 36 siswa berkriteria kurang sekali (92.31%). Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil 8 siswa berkriteria baik (50.51%), 19 siswa berkriteria cukup (48.72%), 5 siswa berkriteria kurang (12.82%) dan 7 siswa berkriteria kurang sekali (17.95%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri050671 Kampung Gohor.Oleh karena itu, model pembelajaran Course Review Horay dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Kata Kunci :Aktivitas belajar, Course Review Horay


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.