PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD

Kenny Istiah Dillah, Naeklan Simbolon

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 30 orang siswa. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 tahap yaitu, Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi.Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi.Berdasarkan hasil Pre Test, masih banyak siswa yang memiliki ketuntasan kurang dari (<70), siswa yang memiliki ketuntasan lebih dari (<70) ada sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 26,67% dan yang kurang dari (<70) ada 22 orang siswa dengan nilai rata- rata kelas 51,16. Dari hasil observasi pembelajaran guru dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry di kelas V pada masing-masing pertemuan I mendapat nilai 65,38 dengan kategori kurang baik, maka guru melakukan refleksi pada masing-masing pertemuan siklus II hasil observasi guru terjadi peningkatan menjadi 92,30 dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci:Guided inquiry, hasil belajar, IPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.