PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 30 orang siswa. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 tahap yaitu, Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi.Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi.Berdasarkan hasil Pre Test, masih banyak siswa yang memiliki ketuntasan kurang dari (<70), siswa yang memiliki ketuntasan lebih dari (<70) ada sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 26,67% dan yang kurang dari (<70) ada 22 orang siswa dengan nilai rata- rata kelas 51,16. Dari hasil observasi pembelajaran guru dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry di kelas V pada masing-masing pertemuan I mendapat nilai 65,38 dengan kategori kurang baik, maka guru melakukan refleksi pada masing-masing pertemuan siklus II hasil observasi guru terjadi peningkatan menjadi 92,30 dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci:Guided inquiry, hasil belajar, IPA
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 115 timesPDF - 72 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.