MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS SD NEGERI 107404 SAMBIREJO TIMUR KEC. PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG

Surahmawati Surahmawati

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca puisi melalui metode demonstrasi pada siswa kelas SD. Negeri 107404 Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap berupa perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa sebelum dilakukan siklus I diketahui bahwa kemampuan membaca puisi siswa sangat kurang yaitu rata-rata 18,80%. Setelah dilakukan tindakan siklus I ada peningkatan kemampuan membaca rata-rata siswa sebesar 75%,untuk memperoleh nilai yang diharapkan maka dilakukan tindakan siklus II sehingga ada peningkatan kemampuan membaca sebesar 100%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa yaitu 5 orang yang memperoleh nilai tinggi, 19 orang yang memperoleh nilai sedang. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran membaca puisi menggunakan metode demonstrasi, dapat meningkatkan hasil belajar membaca puisi siswa V SDN 107404 Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstra

 

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.