UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI KALOR DI KELAS X ALIYAH AL WASHLIYAH KM.6 MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam menyelesaikan soal pada materi kalor dan untuk mengetahui upaya yang diberikan melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching berbasis Audio Visual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Aliyah Al Washliyah Km.6 yang berjumlah 34 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berakhir pada siklus ke II, hal ini karena pada siklus II ketuntasan belajar siswa telah diperoleh dan memenuhi standar. Pada setiap siklus siswa diberikan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbasis Audio Visual Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 67 dengan ketuntasan belajar 50,00%. Sedangkan, presentase rata-rata aktivitas siswa yaitu 55,23%, dengan kriteria yang cukup aktif. Pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata yaitu 85 dengan ketuntasan belajar 91,18%. Sedangkan, presentase rata-rata aktivitas siswa yaitu 78,87% dengan kriteria aktif. Dari hasil penelitian tindakan dengan tes tertulis dapat disimpulkan adanya peningkatan setiap siklusnya kearah yang lebih baik. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Quantum Teaching berbasis Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam menyelesaikan soal terutama pada materi kalor.
Kata Kunci : Tindakan Kelas, Quantum Teaching, Audio Visual
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 64 timesPDF - 41 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.