PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI 6 TUGAS MATA KULIAH DALAM KKNI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan instrumen penilaian 6 tugas mata kuliah dalam KKNI di FIP Unimed. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pengembangan instrumen penilaian ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa. Kemudian melakukan studi pustaka untuk mengumpulkan materi-materi yang berkaitan dengan 6 tugas mata kuliah tersebut. Setelah itu tahap pembuatan instrumen penilaian 6 tugas mata kuliah. Dalam pembuatan instrumen penilaian ini terlebih dahulu dilakukan pemilihan format pengembangan instrumen penilaian yang nantinya memuat petunjuk umum, sistematika laporan dan proporsi bobot penilaian dari 6 tugas mata kuliah. Selanjutnya adalah menyusun petunjuk umum, aspek-aspek pembuatan sistematika laporan yang nantinya akan menjadi aspek-aspek penilaian dan merancang proporsi bobot penilaian dari 6 tugas mata kuliah tersebut. Instrumen penilaian ini diuji oleh 1 orang ahli materi sekaligus ahli evaluasi yang menilai kelayakan isi dan penyajian serta mendapat informasi mutu instrumen penilaian yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di FIP Unimed. Ahli materi sekaligus ahli evaluasi memberikan nilai sebesar 41 dengan rata-rata 3,72 yang dikategorikan sangat layak. Instrumen penilaian ini juga diujikan kepada semua dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed untuk memberikan nilai terhadap instrumen penilaian ini sebesar 72,85 dengan rata-rata 3,60 yaitu pada kategori layak.
Kata Kunci: Instrumen Penilaian 6 Tugas Mata Kuliah, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 413 timesPDF - 987 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.