PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE (TOD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 107399 BANDAR KHALIPAH

Daitin Tarigan, Elma Saskia

Abstract


ABSTRAK

Saskia, Elma. 2018. Pengaruh Media Permainan Truth or Dare (TOD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah. Skripsi. Jurusan PPSD, Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. PembimbingDrs. Daitin Tarigan, M.Pd. Penelitian ini berdasarkan masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh media permainan Truth or Dare terhadap hasil belajar matematika.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 107399 Bandar Khalipah T.A 2017/2018 yang berjumlah 60 orang.Sampel penelitian sebanyak 60 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Perhitungan pengujian hipotesis selain dengan perhitungan manual, perhitungan pengujian hipotesis ini juga menggunakan bantuan program Ms. Excel 2007. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t. Pada uji normalitas data pretest dengan ketentuan Lhitung< Ltabel = 0,0887< 0,161 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol = 0,1421< 0,161 sehingga dapat dinyatakan kedua kelompok sampel berdistribusi normal. Pada uji normalitas data posttest diketahui Lhitung< Ltabel = 0,1531< 0,161 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol = 0,1055< 0,161 sehingga dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas data pretest diketahui dengan ketentuan Fhitung< Ftabel = 1,5453< 1,85 dan homogenitas data posttest = 1,1838 < 1,85 sehingga dapat ditarik kesimpulan kedua kelompok data memiliki varians yang sama. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan Uji t dengan taraf signifikansi 5% yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media permainan Truth or Dare terhadap hasil belajar matematika siswa dalam materi pokok operasi penjumlahan pecahan di kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah T.A 2017/2018 dengan nilai signifikan thitung> ttabel yaitu 3,8479 > 2,0021.

Kata Kunci:Media, Permainan, Truth or Dare, Hasil Belajar, Matematika

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1466 times
PDF - 829 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.