PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER DAN MODEL GENERATIF PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SD NEGERI 101877 TANJUNG MORAWA T.A 2018/2019

Demmu Karo-karo, Dhea Sri Utama Agustin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Treffinger dengan model Generatif pada tema 7 sub tema 3 pembelajaran 4 di kelas V SD Negeri 101877 Tanjung Morawa T.A 2018/2019. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa, 30 siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen I ( model pembelajaran Treffinger) dan 30 siswa kelas V-B sebagai kelas eksperimen II ( model pembelajaran Generatif). Hasil penelitian bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen I sebesar 50,83 dan rata-rata post test sebesar 78,67 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 55% dan hasil belajar klasikal sebesar 90%. Sedangkan rata-rata pretest kelas eksperimen II sebesar 49 dan rata-rata posttest sebesar 74 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 51% dan hasil belajar klasikal sebesar 83,33%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, diperoleh thitung (2,245) > ttabel () dengan taraf signifikas 0,05. Berarti H0 ditolak dan Ha diterima , berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa model pembelajaran Treffinger dengan model pembelajaran Generatif

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Treffinger, Model


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.