PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Sebagai seorang pendidik harus mengetahui dan dapat membuat sebuah pembaharuan dalam dunia pendidikan agar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Salah satu bentuk pembaharuan pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif, menarik, menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik dalam hal ini dengan menggunakan media pembelajaran komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan media komik. Penelitian ini menggunakan design Post Test Only Control Group Design. Populasinya adalah siswa sekolah dasar kelas IV. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Adapun variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media komik terhadap aktvitas belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen, observasi dan dokumentasi. Distribusi kedua variabel ditemukan normal, dan populasinya mempunyai varian yang homogen. Hasil penelitian dalam lembar observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kelas ekperimen (87,69%) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (61,34%). Siswa yang menggunakan media komik dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dalam aktivitas belajarnya.
Kata kunci: aktivitas belajar, media komik
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 520 timesPDF - 378 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.