Pengaruh Latihan Double Leg Bound Dan Knee Tuck Jump Terhadap Kemampuan Smash Jumping
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Double Leg Bound dan Knee Tuck Jump terhadap kemampuan Smash Jumping pada siswa ekstakulikuler bulutangkis SMP Negeri 29 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen lapangan dengan teknik uji deskriptif, kolmogorov smirnov, homogenitas, paired t-tes dan independent t-tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi ektrakulikuler bulutangkis SMP Negeri 29 Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan sistem random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh latihan Double Leg Bound terhadap kemampuan Smash Jumping pada siswa ekstrakulikuler bulutangkis SMP Negeri 29 Samarinda yang diperoleh nilai thitung = 12,836>ttabel = 2,262 dengan nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh 0,000 < α 0,05. Ada pengaruh latihan Kne Tuck Jump terhadap kemampuan Smash Jumping pada siswa ektrakulikuler bulutangkis SMP Negeri 29 Samarinda yang diperoleh nilai thitung = 15,213>ttabel = 2,262 dengan nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh 0,000 < α 0,05. Ada perbedaan pengaruh latihan Double Leg Bound dan latihan Knee Tuck Jump terhadap kemampuan Smash Jumping pada siswa ekstakulikuler bulutangkis SMP Negeri 29 Samarinda, nilai rata-rata Knee Tuck Jump sebesar 15,50 > nilai rata-rata latihan Double Leg Bound sebesar 13,70, nilai kedua latihan tersebut diperoleh thitung = 2,616>ttabel = 2,262 dengan nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh 0,000< α 0,05. Kesimpulannya adalah ada pengaruh dan ada perbedaan yang signifikan terhadap latihan Double Leg Bound dan latihan Knee Tuck Jump terhadap kemampuan Smash Jumping pada siswa ekstrakulikuler bulutangkis SMP Negeri 29 Samarinda.
Kata kunci: Double Leg Bound, Knee Tuck Jump, Smash JumpingFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/so.v3i2.15199
Article Metrics
Abstract view : 313 timesPDF - 1822 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional