PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN CURVING LINE TRAJECTORY DAN ZIG – ZAG LINE TRAJECTORY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA

Iwan Saputra, M. Irfan, Umar Sapriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latihan manakah yang lebih berpengaruh antara latihan Curving Line Trajectory dan latihan Zig – zag Line Trajectory, terhadap Peningkatan Kemampuan Menggiring Bola. Metode yang digunakan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode exsperiment, dengan pelaksanaan latihan yaitu Curving Line Trajectory dan latihan Zig – zag Line Trajectory. Penelitian dilaksanakan pada bulan januari-februari 2015. Subyek penelitian adalah siswa SSB Karisma medan yang berjumlah 20 orang. Analisis hipotesis I, sebesar 6,05 serta  1,83 dengan α = 0,05 ( > ) berarti  diterima. Dengan kesimpulan, latihan Curving Line Trajectory secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola. Analisis hipotesis II, diperoleh  sebesar 11,23 serta  sebesar 1,83 dengan α = 0,05 ( > ) berarti  diterima. Jadi, latihan Zig – zag Line Trajectory secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola. Analisis hipotesis III, diperoleh  sebesar 0,52 serta  1,73 dengan α = 0,05 ( < ) berarti  diterima dan  ditolak. Jadi, latihan Curving Line Trajectory tidak lebih besar pengaruhnya daripada latihan Zig – zag Line Trajectory terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola dalam permainan Sepakbola Pada SSB KARISMA Usia 14- 15 Tahun 2013 Medan. Jadi, untuk membuktikan latihan Curving Line Trajectory tidak lebih besar pengaruhnya daripada latihan Zig – zag Line Trajectory dibuktikan dengan beda rata-rata sebesar 1,15 dengan 1,02.

 

Kata Kunci: Curving line trajectory, zig – zag  line trajectory, menggiring bola

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/so.v4i1.17687

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional