PENERAPAN PERMAINAN SIRKUIT “RILO NGALE” TERHADAP EFEKTIFITAS KETERAMPILAN MOTORIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model permainan sirkuit “rilo ngale” untuk mengetahui efektifitas pada keterampilan motorik kasar siswa terutama pada siswa jenjang sekolah dasar. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pre-experimental, dengan desain one group pretest-postest. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 15 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji coba kelompok lapangan. Hasil tes psikomotorik yang dilakukan pada uji coba kelompok kecil terdapat 4 siswa yang memperoleh rentang nilai 60-79% yang berarti (baik), dan terdapat 11 siswa yang mendapatkan rentang nilai >80% yang berarti (sangat baik). Sedangkan untuk uji coba lapangan mendapatkan perolehan sekitar 13 siswa dengan rentang nilai 60-79 yang berarti (baik) dan terdapat 17 siswa mendapatkan rentang nilai >80 yang berarti (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model permainan sirkut “rilo ngale” efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran motorik pada siswa jenjang sekolah dasar.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Motorik, Permainan Rilo NgaleFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/so.v8i2.45421
Article Metrics
Abstract view : 28 timesPDF - 15 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional