MENINGKATKAN SERVIS PANJANG BULUTANGKIS MELALUI METODE BLOCKED PRACTICE DAN AUDIOVISUAL
Abstract
Diperlukan keterampilan gerak dasar yang baik dalam servis bulutangkis akan tetapi para siswa di sekolah dasar Negeri Cikadu belum memiliki keterampilan yang baik dalam melakukan servis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan suatu treatment dengan menggunakan metode pembelajaran blocked practice dan media audiovisual untuk meningkatkan keterampilan servis yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan design quasi eksperimen menggunakan kelas control. Penelitian ini melibatkan 30 orang siswa sekolah dasar terdiri dari 12 orang perempuan dan 18 orang laki-laki yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Sumedang. Penelitian ini ditempuh dengan 3 tahapan, pertama pretest, kedua penerapan treatment, ketiga analisis hasil. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yang dalam ketepatan diketahui berdasarkan table output Independent Sample Test pada bagian Equal Variances assumed diketahui nilai Sig. (t-tailed) sebesar 0,473 > 0,05 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan maka Ho di tolak dan Ha diterima. Dalam keterampilan diketahui berdasarkan table output Independent Sample Test pada bagian Equal Variances assumed diketahui nilai Sig (t-tailed) sebesar 0,570 > 0,05 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan maka Ho di tolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini dalam dua model pembelajaran metode blocked practice efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan servis pada anak sekolah dasar, dan model pembelajaran media audiovisual efektif untuk meningkatkan ketepatan anak dalam melakukan servis panjang bulutangkis.
Kata kunci: Bulutangkis, Servis Panjang, Blocked Practice, Media Audiovisual, KeterampilanFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/so.v8i1.56813
Article Metrics
Abstract view : 95 timesPDF - 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional