PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK I
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar Menggambar teknik 1 antara mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar Menggambar teknik 1 antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual dengan kinestetik, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Menggambar teknik 1. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa reguler kelas A dan B di semester I Pendidikan Teknik Mesin. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map lebih tinggi dari pada ekspositori, dengan Fh = 5,72 > Ft = 3,97, (2) hasil belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik lebih tinggi daripada Visual, dengan Fh= 5,19 > Ft = 3,97, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar, dengan Fh= 36,91 > Ft = 3,97. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan hasil belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map, sedangkan hasil belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i3.3252
Article Metrics
Abstract view : 276 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.