Peningkatan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di Kelas V SD Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan

Risma Hartati, Anita Yus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Mind Mapping di Kelas V SD Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan.  Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V  SD Swasta Setia Budi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.  Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan tes.  Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif.

Hasil análisis menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar materi pelajaran IPS siswa kelas V SD.  Penggunaan metode mind mapping pada siklus I menghasilkan kemandirian belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 66,28 atau meningkat 22,11% dan sebanyak 15 siswa (46,88%) memiliki kemandirian belajar yang baik.  Penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan perbaikan tindakan, terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa dengan skor rata-rata 74,50 atau meningkat 12,40%  dan sebanyak 28 siswa (87,50%) mampu belajar mandiri.  Ini menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi Perjuangan Mempertahankan  Kemerdekaan  sebesar 37,25%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i3.3253

Article Metrics

Abstract view : 440 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.