EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA LINIERPLUS VIDEO PADA PEMBELAJARANMIKROBIOLOGI TERAPAN

Hasruddin Hasruddin, Mahmud Mahmud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media linier plus video pembelajaran pada perkuliahan mikrobiologi terapan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model4D melalui 4 tahapan yaitu: (1) Melakukan analisis kebutuhan dan karakteristik mahasiswa dan tujuan pembelajaran mikrobiologi terapan, (2) Merancang media pembelajaran mikrobiologi terapan, (3) Melakukan  validasi instrumen oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media, dan uji coba produk yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan terbatas; dan (4) Melakukan revisi produk hingga menghasilkan produkmedia linier plus video pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara.Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penilaian terhadap media linierplus video pembelajaran pada perkuliahan mikrobiologi terapan yang telah dikembangkan dinilai baik dan layak digunakan dengan rata – rata persentase kelayakan 83,83% oleh ahli materi, dan 88,4% oleh ahli media, hasil tanggapan mahasiswa melalui uji coba perorangan dengan rata – rata persentase kelayakan 87,44%, uji coba kelompok kecil dengan persentase kelayakan 89,42%, dan uji coba lapangan terbatas dengan persentase kelayakan 87,6%. Produk media linier plus video dikategorikan “baik” dan layak digunakan pada perkuliahan Mikrobiologi Terapan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i3.3258

Article Metrics

Abstract view : 333 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.