PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI

Herlin Munthe, . Mukhar, Efendi Napitupulu

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif kompetensi kejuruan sub kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Learning dan model Direct Teaching pada Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran SMK PAB 12 Saentis. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen yang melibatkan dua kelompok belajar, yaitu kelompok eksperimen pertama pembelajaran dengan Quantum Learning menggunakan komputer dan kelompok  eksperimen kedua  pembelajaran dengan Langsung (Direct Teaching) serta siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan rendah. Rancangan penelitian disajikan dalam desain faktorial 2x2 dengan teknik analisis varian  (Anava). Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning memberi pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar  dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Teaching. Tinggi rendah tingkat minat belajar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar dan tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, quantum learning, direct teaching, minat belajar

 

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the improvement of student learning outcomes on productive subjects in sub-competence vocational competencies Conducting Administrative Procedures which were taught using Quantum Learning learning models and Direct Teaching models in Education Department Office Administration SMK PAB 12 Saentis. This research method is an experimental method that involves two study groups, namely the first experimental group learning with Quantum Learning using a computer and the experimental group both Direct Teaching and students who have high and low learning interests. The research design is presented in a 2x2 factorial design with variance analysis technique (Anava). The results showed that learning using the Quantum Learning learning model had a better influence on learning outcomes compared to the Direct Teaching learning model. High low level of interest in learning gives a significantly different influence on learning outcomes and there is no interaction between learning using learning models with student learning interest in learning outcomes.

 

Keywords: learning model, quantum learning, direct teaching, interest in learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12519

Article Metrics

Abstract view : 303 times
PDF - 352 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.