PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BIDANG STUDI EKONOMI

Marizal Sirumapea, Abdul Muin Sibuea, R Mursid

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Media pembelajaran interaktif berbasis CTL ini tentang materi Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi dengan subjek penelitian pada SMA Negeri 20 Medan. Tahap perancangan media berupa naskah media yang akan dikembangakan. Tahap pengembangan dilakukannya penilaian pada hasil media kemudian diuji cobakan terhadap siswa skala kecil dan skala besar. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran media   interaktif   berbasis   CTL   sangat   layak   digunakan   dalam pembelajaran. Terbukti dengan penilaian oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata 3,69 dengan tingkat kelayakan 74,00% dengan kategori “Layak”, ahli media mendapat nilai rata-rata 4,36 dengan tingkat kelayakan 89% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli desain pembelajaran 4,00 dengan tingkat kelayakan 80% dengan kategori “Layak” dan guru ekonomi 3,87 dengan tingkat kelayakan 77,34% dengan kategori “Sangat Layak” serta pendapat siswa pada uji skala kecil 4,26 dengan tingkat kelayakan  85% dengan kategori “Sangat Layak” selanjutnya uji skala besar 4,30 dengan tingkat persentase kelayakan 86 % dengan kategori “Sangat Layak”.

 

Kata Kunci : media belajar interaktif, contextual teaching and learning, ekonomi.

 

 

Abstract: Research aims to develop Contextual Teaching And Learning learning media. CTL-based interactive learning media is about the material of Economic Development and Economic Growth with research subjects at Medan State High School 20. The media design stage is in the form of a media script that will be developed. The stage of developing assessment on media results was then tested on small and large scale students. Based on the results of research on the development of CTL-based interactive media learning media it is very feasible to use in learning. Evidenced by the assessment by material experts got an average score of 3.69 with a feasibility level of 74.00% with the category "Eligible", media experts got an average score of 4.36 with an eligibility rate of 89% with the category "Very Worthy", experts 4.00 learning design with 80% feasibility level with "Eligible" category and economic teacher 3.87 with a feasibility level of 77.34% with "Very Eligible" category and student opinion on small scale test 4.26 with 85% feasibility level with the "Very Worthy" category then tested a large scale of 4.30 with a percentage level of 86% eligibility in the "Very Worthy" category.

 

Keywords: interactive learning media, contextual teaching and learning, economics.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12526

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.