PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, (2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg dan Gall dengan model rancangan pembelajaran Dick and Carey. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi dalam kategori sangat layak (89,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran kategori sangat layak (84,38%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak kategori sangat layak (88,15%), (4) uji coba perorangan kualifikasi sangat layak (92,92%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (95,00%), uji coba lapangan kualifikasi sangat layak (95,46%).Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan dengan menggunakan media Presentasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 3,76 sedangkan ttabel = 1,98 pada α=0,05 dengan dk 70. Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, yaitu 3,76>1,98. Efektifitas penggunaan media interaktif dalam pembelajaran Kimia adalah sebesar 76,90% dan dikategorikan layak digunakan.
Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, mata pelajaran kimia
Abstract: This study aims to: (1) Produce interactive learning media that are feasible to use, (2) To determine the effectiveness of interactive learning media developed. This type of research is the development of Borg and Gall models with Dick and Carey's learning design model. The results of the study show; (1) material expert test in very feasible category (89.83%), (2) learning design expert test in very feasible category (84.38%), (3) software engineering expert test in very feasible category (88.15% ), (4) a very feasible individual qualification trial (92.92%), a small group trial is in a very decent qualification (95.00%), the qualification field trial is very feasible (95.46%). prove that there is a significant difference between the learning outcomes of students who are taught by using interactive media with student learning outcomes learned by using Presentation media. This is indicated by the results of data processing which obtained tcount of 3.76 while ttable = 1.98 at α = 0.05 with dk 70. The calculation results where tcount> ttable, which is 3.76> 1.98. The effectiveness of the use of interactive media in Chemistry learning is 76.90% and is categorized as appropriate to use.
Keywords: interactive learning media, chemistry subjects
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12596
Article Metrics
Abstract view : 629 timesPDF - 497 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.