PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Nur Annisa, Abdul Hasan Saragih, R Mursid

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari mahasiswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall yang dipadu dengan model Dick & Carey. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa uji ahli dan uji coba yang dilakukan kualifikasi sangat baik dengan melalui tahapan revisi produk. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuasi eksperimen. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan tanpa media interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dan disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif.

 

Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer, menggambar teknik

 

Abstract: This study aims to: produce a viable interactive learning media use, easy to learn students and can be used for individual learning, knowing the effectiveness of interactive learning media were developed in English. This type of research is the development of research that uses models Borg & Gall combined with Dick & Carey model. Pengebangan results show that the expert test and qualification testing performed very well with through the stages of a product revision. The method used in the study was a quasi-experimental. Hypothesis testing results prove that there is a significant difference between the learning outcomes of students who learned with using the media of interactive not using learning with media of interactive. This is shown by the results of data processing and concluded that the results of the study group of students that learned by using interactive learning media is higher than that learned by not using learning media of interactive.

 

Keywords: development of a computer -based interactive learning media , english


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12599

Article Metrics

Abstract view : 1925 times
PDF - 3471 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.