PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar TIK siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hulu, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 163 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan tes untuk hasil belajar TIK dan angket Motivasi Berprestasi. Analisis data dilakukan dengan anava dua jalur pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) hasil belajar TIK kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Think Pair Share dengan nilai Fhitung 7,30 > FTabel 3,96; (2) hasil belajar TIK kelompok siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi Tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang memiliki Motivasi Berprestasi Rendah dengan nilai Fhitung = 16,79 > FTabel = 3,96; (3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar TIK dengan nilai FHitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari FTabel (FHitung = 12,64 > FTabel = 3,96) pada taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci: problem based learning, preview question read reflect recite review, motivasi berprestasi, teknologi informasi dan komunikasi
Abstract: This study aims to determine the effect of Learning Strategies and Achievement Motivation on students' ICT learning outcomes. The population of this study was all students of class XI of SMA Negeri 1 Bilah Hulu, consisting of 4 classes with a total of 163 students. The sampling technique is cluster random sampling. Research data were collected using tests for ICT learning outcomes and the Achievement Motivation questionnaire. Data analysis was performed with two-way anova at a significance level of 5%. The results obtained are as follows: (1) ICT learning outcomes of groups of students who are given learning with Problem Based Learning Learning Strategies are higher than the learning outcomes of groups of students who are taught learning with Think Pair Share Learning Strategies with Fcount value of 7.30> FTabel 3, 96; (2) ICT learning outcomes of groups of students who have High Achievement Motivation are higher than learning outcomes of groups of students who have Low Achievement Motivation with Fcount = 16.79> FTabel = 3.96; (3) there is an interaction between Learning Strategies and Achievement Motivation in influencing ICT learning outcomes with the F value of column count (row) is greater than FTabel (Fcount = 12.64> FTabel = 3.96) at the 5% significance level.
Keywords: problem based learning, preview question read reflect recite review, achievement motivation, information and communication technology
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional. Jakarta: PT Gramedia.
Depdiknas, Puskur Balitbang. (2003). KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran TIK. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. (2004) Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi (SMA) Mata Pelajaran TIK. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. (2004). Sistem Penilaian. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Dikti Depdiknas. (1981). Evaluasi Program Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas.(2003). KBBI, Edisi Ketiga.Jakarta: Balai Pustaka.
Dimyati, Mudjiono. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djaali.(2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Haryono. (2005). Profesionalisas Pembelajaran TIK di Sekolah, Seminar Nasional. Semarang
Hiyatsyah.(2005) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa MAN 2. Medan: Tesis PPs Unimed. Tidak diterbitkan
Khoe, Yao Tung. (2015). Pembelajarandan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks
Prayekti. (2015). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Versus Ekspositori dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa SMA Kelas X, Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3 (2)
Ridwan, A.. (2015) Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:Bumi Aksara.
Slameto. (2009). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Winkel, W.S. (1997). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Wulandari, Bekti. Dwi Sarjono, Herman. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi: 180.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16934
Article Metrics
Abstract view : 400 timesPDF - 330 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.