PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING BERBASIS MEDIA INTERAKTIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Catur Ayu Wulandari, Efendi Napitupulu, Keysar Panjaitan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah  hasil belajar pendidikan agama Islam siswa yang dibelajarkan dengan model jigsaw lebih tinggi daripada hasil belajar pendidikan agama Islam yang menggunakan model make and  match, (2) Apakah hasil belajar pendidikan agama Islam siswa yang  memiliki komunikasi interpersional tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar pendidikan agama Islam yang memiliki komunikasi interpersional rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa SD Negeri 013849 dan siswa SD Negeri 018453 Siumbut-Umbut kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan factorial 2 x 2. Teknik analisa yang digunakan adalah analis varians dua jalur dengan taraf signifikan α = 5% dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Pendidikan agama Islam siswa yang ajar dengan  model  pembelajaran Jigsaw lebih tinggi daripada  pembelajaran model Make and Match dengan  nilai Fhitumg > Ftabel.  dengan nilai Fhitung  12.94 > FTabel 4,00, (2) hasil belajar pendidikan agama Islam siswa yang memiliki Komunikasi Interpersonal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah dengan nilai Fhitung =  11.86 > Ftabel = 4,00, (3) terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar pendidikan agama Islam  dengan nilai FHitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel.  Fhitung 10,39 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikansi 5%.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, komunikasi interpersonal dan hasil belajar pendidikan agama islam.

 

Abstract: This study aims to find out: (1) Whether the learning outcomes of Islamic religious education students who are taught with a jigsaw model are higher than the learning outcomes of Islamic religious education using make and match models, (2) Are the results of Islamic religious education learning for students who have interpersional communication higher than the learning outcomes of Islamic religious education which has low interpersional communication, (3) Is there an interaction between learning models and interpersonal communication on the learning outcomes of Islamic religious education students. This research was conducted on students of SD Negeri 013849 and students of SD Negeri 018453 Siumbut-Umbut class V. The research method used was a quasi-experimental with 2 x 2 factorial. F, further testing uses the Scheffe Test. The results showed (1) the learning outcomes of Islamic Religious Education students who taught with the Jigsaw learning model were higher than the Make and Match model learning with the value of Fcount > Ftable. with a Fcount of 12.94> FTabel 4.00, (2) learning outcomes of Islamic religious education students who have high Interpersonal Communication is higher than the learning outcomes of students who have low interpersonal communication with a value of Fcount = 11.86> Ftable = 4.00, (3) there is an interaction between the Learning Model and interpersonal communication in influencing the learning outcomes of Islamic religious education with the value of Fcount column-row (interaction) is greater than Ftable. Fcount = 10.39> Ftable = 4.00 at the significance level of 5%.

 

Keywords: learning model, interpersonal communication and learning outcomes of Islamic religious education.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Al- Abrasyi, Athiyah, M., (1985), Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo p.4

Carin & Sund. (1993). Metode Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta:PT Remaja Rosdakarya.

Darmawan, Aditya. (2011). Peningkatan Aktivitas dan Hasil belajar siswa melalui model Inquiry dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010. UNILA : Bandar Lampung

Hamalik. O, (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hobri. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember. Center of Society Studies Jember.

Huang. Ueh Min. (2014). “A jigsaw-based cooperative learning approach to learning outcomes for mobile situated learning”. Social and Behavioral Sciences. Volume 7 No: 1: 128

Isnawati. (2014). Profil Media Slide Interaktif Berbasis Ms Power Point Pada Pokok Bahasan Substansi Genetia Kela XII. 3 (1) (http.ejouernal.Unesa.ac.id.Php/boedu)

Joseph A. Devito. (2010). Komunikasi Antarmanusia. Edisi 5.Yogyakarta:Karisma Publishing

Lie. A. (2010) Cooperatif Learning. Memperaktekan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta. Grasindo

Majid, Abdul dan Andayani, Diyan, (2009), Pendidikan Agama Islam, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Miarso, Yusuf Hadi. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta:Kencana

Muhson, Ali. (2012) “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 8 No 2 Tahun 2010. Ha 1-10.

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sanjaya. W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana,

Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada

Slameto. (2009). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Slavin. (1994). Cooperatif Learning.Boston London: Allyn and Bacon

Sudjana, N. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Suparman, Atwi, (2004). Desain Instruksional Modern, Jakarta: Penerbit Erlangga

Suprijono. A. (2010). Cooperatif Leraning.Team dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Belajar

Susilana, Rudi. Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian). Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI.

Syafariddin & Asrul. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Utama.

Trianto, (2009) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta Kencana Prenada Group.

Zainal. A. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16936

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.